Senin, 14 November 2011

Tokoh Idola Untuk Pendidikan Karakter

Knowledge is Power [but] Character is More

Bangsa Indonesia saat ini sedang mengalami krisis, terbukti dengan banyaknya korupsi di segala bidang, tidak terkecuali di bidang pendidikan. Oleh karena itu diperlukan pendidikan karakter. Keteladan dari para tokoh yang diidolakan siswa merupakan sumber belajar dan contoh nyata bagi suksesnya pendidikan karakter. Di bawah ini adalah beberapa contoh baik dari pendidikan karakter yang diperoleh siswa dari tokoh yang mereka idolakan.


Nama Siswa : Kartyan Suryawirawan

Kelas : XI IPA 3

Nama Tokoh: Mikhail Gorbachev

Untuk tokoh sejarah idola saya, saya memilih Mikhail Gorbachev. Saya memilihnya karena ia adalah orang yang sangat berani dalam mengambil keputusan yang ia buat untuk negaranya, Uni Soviet. Pada saat ia menjabat sebagai sekjen Partai Komunis Uni Soviet, ia mencoba untuk memperbaiki keadaan ekonomi negaranya dengan membuat kebijakan glasnost (keterbukaan), perestroika (restrukturisasi), demokratizatsiya (demokratisasi), dan uskoreniye (percepatan pembangunan ekonomi). Hal ini tentu saja sama dengan merubah struktur dasar negara Uni Soviet dari komunis menjadi demokrasi. Tapi, semua kebijakan yang ia buat ini berkontribusi sangat besar untuk berakhirnya Perang Dingin. Dengan berakhirnya Perang Dingin, maka warga di seluruh dunia menjadi merasa jauh lebih aman karena kemungkinan akan terjadinya perang nuklir yang tentu saja dapat menghancurkan peradaban dunia.


Nama Siswa : Ruth Margaretha

Kelas : XI IPA 1

Nama Tokoh: Ki Hajar Dewantara

Saya memilih Ki Hajar Dewantara sebagai cover sampul saya karena saya menghargai dan mengenang Bapak Pendidikan Nasional Indonesia yang telah sangat berjasa dalam memperjuangkan pendidikan Indonesia.

Ia telah menanggalkan nama ningratnya agar dianggap sama dengan masyarakat lainnya agar lebih mudah memperjuangkan pendidikan Indonesia bersama yang lainnya. Dengan gigih ia bersekolah dan memperjuangkan hak rakyatnya untuk dapat bersekolah.

Tanpa jasanya, saya tidak akan bisa bersekolah di tempat ini dan mungkin rakyat Indonesia tidak dapat bersekolah tanpa jasanya. Sayang sekali dia hidup di masa lampau, karena Indonesia butuh orang-orang yang gigih untuk menjadi panutan.

Semoga Ki Hajar Dewantara selalu diingat perjuangan dan tanda jasanya.


Nama Siswa : Karina Dwita Shafira

Kelas : XI IPA 1

Nama Tokoh : Raden Ajeng Kartini

“Saya tahu, jalan yang hendak saya tempuh itu sukar, penuh duri, anak, lubang. Jalan itu berbatu-batu, berjendal-jendul, licin, belum dirintis. Dan walaupun saya tidak beruntung sampai ke ujung jalan itu, walaupun saya sudah akan patah di tengah jalan, saya akan mati dengan bahagia. Sebab jalan itu sudah terbuka, dan saya turut membantu merentas jalan yang menuju kebebasan dan kemerdekaan perempuan Bumi Putera.”

Kata-kata di atas adalah penggalan surat yang ditulis oleh R.A. Kartini. Surat-surat yang dituliskan kepada sahabat-sahabatnya di negeri Belanda menjadi bukti betapa besarnya keinginannya untuk melepaskan kaumnya dari diskriminasi yang membudaya pada zamannya.

Saya mengagumi Raden Ajeng Kartini karena dengan ide dan gagasannya dia telah berjuang untuk kepentingan bangsanya dan membela hak-hak kaum wanita pada zamannya. Dengan segala cita-cita, tekad, dan perbuatannya ide-ide besarnya telah mampu menggerakkan dan mengilhami perjuangan kaumnya dari kebodohan yang tidak disadari pada masa lalu.

Dengan upaya awalnya itu kini kaum wanita di negeri ini telah menikmati apa yang disebut persamaan hak tersebut. Walaupun sebenarnya perjuangan memang belum berakhir karena di era globalisasi ini masih banyak dirasakan penindasan dan perlakuan tidak adil terhadap perempuan.


Nama Siswa : Edwin Ardibrata

Kelas : XI IPA 2

Nama Tokoh: Steven Gerrard

Steven Gerrard adalah pemain sepakbola professional yang bermain untuk klub Premier League, Liverpool dan berkebangsaan Inggris.

Mengapa saya mengidolakan Steven Gerrard? Karena dia adalah sosok seorang pebola yang elegan, baik di luar maupun di dalam lapangan. Di dalam lapangan dia menjadi pengatur alur permainan alias sebagai kapten. Sosok yang menjadi idaman para pelatih di belahan dunia manapun, dia bisa menjadi penentu dalam kemenangan dan kekalahan sebuah tim. Karena itu, dia menjadi sosok idaman seorang pelatih. Di luar lapangan Steven Gerrard adalah seorang pribadi yang mencintai keluarga. Di saat ada jeda libur bertanding, Stevie G.—begitulah panggilannya sering menyempatkan waktu bermain bersama keluarganya, terutama 2 buah hati yang sangat dicintainya. Di saat rata-rata pebola pria menghabiskan uang pendapatannya dengan berhura-hura di klab malam, Stevie G. Selalu hadir di tengah-tengah keluarga, dan sampai saat ini dia termasuk salah satu pebola yang tidak mengalami perceraian.

Itulah mengapa saya mengidolakan sosok Stevie G. atau Steven Gerrard. Dia menjadi inspirasi dan motivator saya untuk sukses menjalani hobi saya bermain bola.


Nama Siswa : Pusparani Ratna D.

Kelas : XI IPA 2

Nama Tokoh: Mario Teguh

Salah satu tokoh idola saya adalah Mario Teguh. Beliau adalah seorang motivator dari Indonesia. Saya menyukai Mario Teguh karena beliau dapat memberikan motivasi kepada banyak orang. Cara penyampaiannya yang mudah diterima oleh khalayak menjadikan sukses sebagai motivator. Selain itu beliau juga tidak sombong dan tetap rendah hati serta taat pada perintah Tuhan. Hal tersebut yang membuat saya bangga terhadap beliau.


Nama Siswa : Shafa Medina Ismayani

Kelas : XI IPA 4

Nama Tokoh : Pangeran Diponegoro

Saya yakin kebanyakan orang pasti sudah tidak asing lagi mendengar pahlawan Indonesia yang satu ini. Beliau merupakan pemimpin perlawanan terhadap Belanda di Jawa Tengah. Sikap beliau yang kritis, tegas dan apa adanya seketika mendapat simpati dan dukungan dari rakyat. Beliau juga lebih mementingkan keagamaan dan lebih menyukai hidup merakyat dibandingkan dengan menggantikan ayahnya sebagai raja. Ini menandakan beliau merupakan sosok pahlawan yang patut dijadikan sebagai tokoh panutan.


Nama Siswa : Muthia Rizkyana

Kelas : XI IPA 2

Nama Tokoh : Susilo Bambang Yudhoyono

Alasan saya memilih SBY sebagai idola adalah karena SBY adalah presiden negara republic Indonesia, dan dalam buku SBY yang berjudul “Saya Pasti Bisa” di sana diceritakan segala sesuatu tentang beliau, seperti ia sangat disiplin, bijaksana dan tepat waktu dalam segala hal.


Nama Siswa : Fania Rianti Putri

Kelas : XI IPA 2

Nama Tokoh: Justin Bieber

Alasan memilih tokoh ini karena ia tidak menyerah dalam menggapai mimpinya. Ia berusaha dari “nol” dan sekarang ia menjadi orang yang ia inginkan. Semua orang mengenalinya, penyanyi yang difavoriti oleh semua orang. Ia selalu berkata “Jangan berkata bahwa kita tidak bisa”.


Nama Siswa : Siti Mutia Nazilah

Kelas : XI IPA 2

Nama Tokoh : Kapitan Pattimura

Alasan saya memilih Pattimura sebagai idola adalah Pattimura termasuk pahlawan yang eksis atau terkenal yang diabadikan di uang seribuan yang sangat berarti, apalagi Pattimura meninggal karena kepalanya dipenggal di depan benteng Fart de Kock. Menurut saua itu sangat patut diapresiasikan, maka pantas Pattimura diabadikan di uang seribu.


Nama Siswa : Arlene Dupe

Kelas : XI IPA 2

Nama Tokoh: Polisi Hoegeng Iman Santoso

Beliau adalah seorang Kapolri tahun 1968-19--. Beliau juga pernah menjabat sebagai Kepala Imigrasi darn pernah menjabat sebagai menteri di jajaran era Soekarno. Tapi Pak Hoegeng merupakan orang yang sangat disiplin dan jujur. Ia tidak pernah menerima hadiah yang di luar haknya sebagai pejabat.


Nama Siswa : Maria Adinda Sanora

Kelas : XI IPA 2

Nama Tokoh: Oprah Winfrey

Saya sangat mengidolakan Oprah Winfrey karena ia adalah tokoh wanita modern yang berhati mulia. Ia merupakan wanita terkaya di Amerika karena keberhasilannya membawa sebuah talk show. Walau masa kecilnya kelam Oprah tumbuh sebagai dewasa yang bijaksana. Dari hasil pendapatannya yang besar ia mendirikan banyak organisasi sosial dan menyumbangkan sebagian pendapatannya dalam banyak kegiatan amal. Itulah sebab mengapa saya mengidolakan dia, sehingga saya tidak berhenti untuk berusaha menjadi orang sukses sepertinya.


Nama Siswa : Venit Cadme Omnes

Kelas : X-F

Nama Tokoh: Umar Syarief

Alasan saya memilih Umar Syarief karena menurut saya Umar Syarief adalah salah satu atlit karate Indonesia yang sangat berprestasi baik di ajang nasional maupun internasional. Karena Umar Syarief saya jadi termotivasi untuk menjadi atlit karate yang berprestasi.


Nama Siswa : Renata Putri

Kelas : X-F

Nama Tokoh: Joanne Kathleen Rowling

Alasan saya memilih J.K. Rowling karena J.K. Rowling memiliki wawasan yang luas akan bahasa, diapun selalu bersemangat dalam menulis novelnya. Selain itu saya sangat menyukai ide atau inspirasinya untuk menulis novel Harry Potter. Karena cerita yang terkandung begitu fiksi namun dapat diterima oleh akal-akal orang lain. Bahasa yang dia ciptakan sebagai mantrapun sangat bervariatif. Saya suka Harry Potter!


Nama Siswa : Langit Mega

Kelas : X-F

Nama Tokoh: Pangeran Diponegoro

Diponegoro merupakan seorang tokoh yang patut diteladani karena beliau merupakan sosok merakyat dan sangat dicintai rakyatnya. Beliau juga patut diteladani karena kegigihannya untuk mempertahankan hak miliknya yang hendak dirampas orang lain.

Meskipun akhirnya beliau ditangkap oleh penjajah, beliau tetap berperang dan melakukan suatu perlawanan dimana tindakan ini mencerminkan sikap ksatria beliau.

33 komentar:

  1. nama : Magie Putri Wardhani
    kelas : XI IPA 3
    nama tokoh : Raden Ajeng Kartini
    saya mengidolakan RA Kartini karena beliau wanita menjadi mandiri dan kuat. Beliau membuat semua wanita sekarang bilang kalau sudah 'emansipasi wanita'. Beliau sangat hebat dan tangguh meskipun banyak halangan yang membuat beliau sulit untuk menggapai cita citanya memajukan wanita Indonesia.Beliau tidak patah semangat dengan usia yang masih kecil beliau sangat gemar membaca karena kegemaran beliau,beliau mengajarkan kepada teman teman wanitanya,beliau memberikan banyak ilmu kepada teman teman wanita nya pada masa itu. Karena kegigihan beliau memajukan wanita Indonesia beliau mendirikan sekolah wanita "SEKOLAH KARTINI". Dan sebab itu kini wanita sudah tidak lagi menderita tidak lagi harus diam di rumah tetapi dapat sekolah, bekerja. Karena pengorbanan dan kegigihan RA Kartini kini wanita dihormati dan dijaga oleh pria.

    BalasHapus
  2. Nama : Nida Nisrine
    Kelas : XI IPA 3
    Tokoh Idola : Theodore Roosevelt
    Theodore Roosevelt (1858-1919) adalah presiden ke-26 Amerika Serikat. Pada usia 42 tahun, Roosevelt adalah presiden Amerika Serikat yang termuda.

    - Saya mengagumi beliau karena beberapa alasan, contohnya cerita berikut ini:
    Suatu hari, Presiden Theodore Roosevelt pergi berburu. Seekor beruang tertangkap dan diikat agar presiden dapat menembaknya, namun Presiden Roosevelt tidak mau membunuh beruang itu. Kisah ini menjadi terkenal ketika dilaporkan di surat kabar dan digambar dalam bentuk kartun.
    Hingga suatu saat, seorang laki-laki terinspirasi untuk membuat boneka beruang. Lelaki itu mengirim surat yang isinya meminta izin untuk membuat boneka beruang yang dinamai dengan nama panggilan Roosevelt yaitu Teddy. Lalu lelaki meletakkan beruang-beruang baru itu di jendela tokonya, di sebelah gambar kartun. Dan sampai sekarang boneka beruang tersebut terkenal dengan nama "Teddy Bear".

    Hal itu menunjukkan bahwa beliau memiliki rasa keadilan yang tinggi dan juga rasa peduli terhadap lingkungan, termasuk pemikiran bahwa hewan pun memiliki hak untuk hidup.

    - Saya juga mengaguminya karena alasan lain, yaitu:
    Beliau dianugerahi Hadiah Novel untuk Perdamaian pada 1906 atas upayanya sebagai negosiator dalam menghentikan Perang Rusia-Jepang, anggota Parlemen negara bagian New York.

    Penembakan terhadap dirinya sendiri terjadi ketika dia sedang berkampanye di Milwaukee, Wisconsin. Roosevelt ditembak seorang penjaga bar, William Schrank. Hebatnya, dengan keadaan masih terluka dan peluru berada di tubuhnya, dia masih tetap melanjutkan pidatonya.Di tengah keributan itu, Roosevelt berteriak, "Tenang aku tertembak!" Roosevelt bersikeras memberikan pidatonya dengan peluru masih bersarang dalam tubuhnya. Dia kemudian pergi ke rumah sakit, tapi peluru itu tidak pernah diambil dari tubuhnya.

    Hal tersebut menunjukkan bahwa beliau sangat bertanggungjawab dan tidak ingin melepaskan tugas sebelum menyelesaikannya.

    Salah satu postingan twitter mengatakan:
    #ApaKamuTahu mantan presiden amerika Theodore roosevelt pernah menyampaikan pidato 1 jam, padahal beberapa jam sebelumnya, dadanya tertembak

    Salah satu kata mutiara yang beliau buat :
    "Berbicaralah dengan lemah lembut, tapi jangan lupa membawa pentungan yang besar", yang menurut saya memiliki arti yaitu, kita harus selalu waspada terhadap apapun yang akan terjadi kemudian.

    Saya mengagumi semangat juang beliau, rasa bertanggungjawab, juga rasa keadilan yang dijunjung tinggi. Saya ingin menjadikan pengalaman hidup beliau semagai motivasi agar bisa memiliki semangat yang lebih membara dalam belajar, agar kelak saya bisa menjadi motivator berikutnya, seperti beliau.

    BalasHapus
  3. Nama : Muhammad Ahsanuddin
    Kelas : XI IPA 3
    Tokoh Idola : SOEDIRMAN dan KHALID BIN WALID

    Saya memilih kedua tokoh tersebut sebagai tokoh idola karena mereka berdua adalah panglima perang terhebat pada masanya.

    Yang pertama adalah Soedirman. Jendral Soedirman pada awal karir militernya, merupakan anggotta dari PETA (Pembela Tanah Air) dibawah pelatihan tentara jepang. Setelah menyelesaikan pendidikan di PETA, ia menjadi Komandan Batalyon di Kroya, Jawa Tengah. Kemudian ia menjadi Panglima Divisi V/Banyumas sesudah TKR terbentuk, dan akhirnya terpilih menjadi Panglima Angkatan Perang Republik Indonesia (Panglima TKR).Soedirman dikenal memiliki kepribadian yang teguh dan senantiasa mengutamakan kepentingan rakyat. Beliau tidak terkalahkan dallam perang manapun dengan taktik gerilyanya. Beliau meninggal pada tahun 1950 oleh virus TBC. Namun jasanya tetap dikenang, beliau mendapat gelar Jendral Besar Anumerta dengan bintang lima.

    Yang kedua adalah Khalid bin Walid. Beliau adalah orang Islam yang memiliki strategi perang yang sangat baik. Beberapa kehebatannya terbukti saat beliau mengalahkan Islam di perang Uhud (beum masuk Islam). Dan setelah beliau masuk islam, TIDAK ADA PERANG YANG IA TIDAK MENANGKAN. Kekuatannya ini sampai menggetarkan dua kekuatan adikuasa saat itu (Persia dan Romawi).

    BalasHapus
  4. nama : Suproborini
    kelas : XI IPA 5
    nama tokoh : R.A.Kartini
    alasan saya mengagumi R.A.Kartini karena beliau adalah seorang wanita yang hebat dan berani. Beliau mampu mengangkat derajat kaum wanita hingga sederajat kaum pria. dahulu kaum wanita hanya mengurus pekerjaan rumah tangga saja, berkat kegigihan, keuletan dan keberanian beliau kaum wanita tidak hanya mengurus pekerjaan rumah tangga saja, bahkan kaum wanita bisa belajar dan bekerja layaknya kaum pria. tanggal 21 april adalah hari kelahiran beliau, maka hari tersebut menjadi hari nasional dan diperingati oleh seluruh Rakyat Indonesia terutama kaum wanita.

    BalasHapus
  5. Nama: Ajeng Dewi P
    Kelas: XI IPA 5
    No.absen : 02

    Setiap orang pasti mempunyai sosok yang dikagumi dan dijadikan teladan. Menurut saya tokoh-tokoh di atas merupakan panutan yang baik apalagi untuk pendidikan karakter. Sebab dengan memiliki tokoh idola, membuat siswa ingin menjadi seperti tokoh idola tersebut.

    BalasHapus
  6. Nama: Mahardika Saputra
    Kelas: XI IPA 5
    No. absen: 18
    Tokoh idola: Barack Obama
    setiap orang mempunya pendapat masing-masing mengenai tokoh idolanya. saya mengidolakan Barack Obama karena ia merupakan orang yang hebat. Biarpun orangtua kandungnya telah meninggal ia dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik dan di kagumi banyak orang. walaupun perjalanan hidupnya yang penuh liku-liku dengan kegigihan dan kedisiplinannya ia dapat mengukir prestasi yang sangat membanggakan. ia juga dapat menjadi presiden Amerika Serikat pertama yang berkulit hitam,dengan pendidikan yang sempat ia jalani di Indonesia membuat saya bangga menjadi bangsa Indonesia dan saya berharap dapat seperti Barack Obama di sipin dan tidak pantang menyerah.

    BalasHapus
  7. Nama: Saffira Raudhania
    Kelas: 11 IPA 5
    Tokoh Idola: Cut Nyak Dien

    Tokoh idola saya adalah Cut Nyak Dhien.Cut Nyak Dhien merupakan seorang pahlawan yang ikut berperang melawan Belanda. Dia berperang melawan Belanda bersama suaminya.

    Cut Nyak Dhien adalah idola saya karena walaupun dia seorang wanita, dia bisa dan berani berperang walaupun dia bisa mati dalam peperangan itu. Saya kagum pada keberaniannya.

    BalasHapus
  8. Nama : Vidya Adhaninggar D. L
    kelas : XI IPA 5
    Tokoh idola : R.A. Kartini

    Saya mengidolakan R.A. Kartini karena beliau sangat gigih dan semangat memperjuangkan hak dan derajat perempuan menjadi lebih tinggi. Walaupun mendapat banyak kendala ia tidak putus asa dan menyerah. Dan akhirnya derajat dan hak perempuanpun setara dengan laki-laki seperti sekarang.

    Semangat dan kegigihannyalah yang memotivasi saya untuk terus berusaha mengejar cita-cita tanpa mudah putus asa.

    BalasHapus
  9. Nama : Rizka Wahyuningsih
    Kelas : XI IPA 4

    Tokoh idola saya adalah Dr. Ken Kawan Soetanto alias Chen Wen Quan beliau sebenarnya adalah warga tionghoa yang terkena kebijakan orde baru, yang mana kebebasannya dibatasi, mulai dari pendidikan hingga soal pekerjaan dan penghasilan. Namun hal ini tidak membuatnya pantang menyerah ia tidak berputus asa dan malah membuat hal ini sebagai motivasinya untuk berjuang, hingga akhirnya perjuangannya tidak sia sia mulai dari putus sekolah dan kekayaan keluarganya bangkrut dan hingga ia terpaksa bekerja mengumpulkan uang dari hasil kerjanya di toko reparasi radio sang kakak. Hingga pada akhirnya dia dapat menimba ilmu di Jepang. Kini prestasinya pun sudah tidak dapat diragukan lagi ia telah meraih 4 gelar doctor dalam disiplin ilmu terpisah (Rekayasa, Kedokteran, Farmasi Sains dan Pendidikan), dan gelar itu dirangkap dengan jabatan wakil dekan di Waseda University, yang merupakan salah satu universitas favorite di jepang. Namun keberhasilannya ini tidak membuat ia lupa dengan tanah kelahirannya hal ini dibuktikan dengan hingga saat ini dia masih memegang teguh kewarganegaraannya dan tidak berniat untuk mengubahnya.

    BalasHapus
  10. NAMA : FADILLAH FAUZIAH
    KELAS : XI IPA IV
    Tokoh idola saya adalah John locke. meskipun bukan dari Indonesia, tetapi beliau cukup berjasa dalam hidup ini. beliau merupakan pelopor dari paham liberalisme yang menjunjung tinggi kebebasan. baik kebebasan untuk bertempat tinggal, kebebasan untuk kemerdekaan pribadi, dan masih banyak lagi.

    BalasHapus
  11. Nama : Aloysius Afriandi (04)
    Kelas : XI IPA 5
    Tokoh Idola : Johnny Allen Hendrix a.k.a James Marshall Hendrix a.k.a Jimi Hendrix

    Saya mengidolakan Jimi Hendrix karena dia adalah sosok yang sangat menginspirasi hampir semua musisi di dunia seperti Joe Satriani, Steve Vai, Jimmy Page, hingga sang legenda John Lennon. Dia adalah sosok yang jenius di bidang musik, dia mampu menciptakan aliran-aliran musik yang baru dan segar. Walaupun dia menggunakan obat-obatan terlarang selama hidupnya, namun sampai saat ini Ia tetap dijadikan inspirasi dan dicintai, bahkan Ia masih disebut-sebut sebagai "Gitaris Terbaik Sepanjang Masa" sampai saat ini, walaupun Ia telah meninggal pada tanggal 18 September 1970 di London, Inggris pada umur 27 tahun.

    BalasHapus
  12. tokoh idola saya yg sebenarnya adalah seorang wanita yg penuh dengan kasih sayang, yg bisa menyembunyikan semua masalahnya ketika bertemu. Ibu, ya ibu dia memang tiada tandingannya!

    BalasHapus
  13. Nama: Widy Citra Pratiwi
    Kelas: XI IPA 4
    Tokoh Idola: Ir. Soekarno

    saya mengidolakan beliau, karena beliau sangat berjasa bagi bangsa Indonesia ini, karena beliau lah yang memproklamasikan kemerdekaan RI, dan beliau jugalah yang berhasil merumuskan pancasila sebagai dasar ideologi Indonesia. meskipun sejak kecil beliau tidak bersama orangtua. tapi beliau sangat mempunyai semangat yang besar. maka tidak heran jika beliau menjadi idola. tanpa Ir. Soekarno dan teman-temannya Indonesia tidak akan menjadi seperti ini

    BalasHapus
  14. nama : muhammad rafiqi
    kelas: XI-IPA4
    tokoh idola: ayah
    tokoh idola saya adalah ayah saya, beliau adalah org yg bertipe pekerja keras, dia membanting tulang dan memeras keringat hanya untuk menafkahi keluarga, pulang kerja dia masih mau membantu saya untuk mengerjakan pr

    BalasHapus
  15. Nama: Devi Florenci
    Kelas: X-B
    Tokoh Idola: Steve Jobs

    Saya sangat mengidolakan Steve Jobs. Steve Jobs merupakan seorang yang jenius. Beliau sudah meninggalkan dunia ini, namun seperti pepatah ”Gajah mati meninggalkan gading, manusia mati meninggalkan nama“. Berkat kejeniusannya, internet sekarang ada dalam genggaman kita.

    Beliau juga sering memberikan petuah dan bisa dijadikan panutan bagi kita semua. Salah satu kata-kata mutiara Steve Jobs yang saya sukai adalah:

    “Satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan besar adalah mencintai apa yang Anda lakukan. Jika Anda belum menemukannya, teruslah mencari. Jangan diam. Seperti kata hati, Anda akan tahu bila Anda telah menemukannya.”

    BalasHapus
  16. Nama: Putri Restyaningrum
    Kelas: XI IPA 4
    Tokoh Idola: Pangeran Antasari

    Saya sangat mengidolakan Pangeran Antasari karena ia adalah seseorang yang gagah berani dengan melawan Belanda dan ia adalah pemimpin yang baik bagi rakyat Banjarmasin dan menjadi tauladan yang baik bagi kita semua.

    BalasHapus
  17. Nama:Nazhara Syahida
    Kelas: XI IPA 4
    Tokoh Idola : Prof. Dr Soepomo

    Beliau Lahir di Sukoharjo pada 22 Januari 1903. Selain sbg pahlawan nasional, beliau juga dikenal sbg perancang UUD45 bersama Moh Yamin dan Soekarno. Dalam sidang BPUPKI yg pertama, beliau mengemukakan 5 prinsip dasar negara yg dinamakan Dasar Negara Indonesia Merdeka. Beliau wafat di usia muda akibat serangan jantung. Walaupun beliau sudah tiada namun jasanya masih terkenang

    BalasHapus
  18. nama : siti mutia nazilah
    kelas : XI - IPA2

    menurut saya, siswa sma seperti kita memang harus memiliki idola. tetapi karena dampak globalisasi siswa sma seperti kita cenderung mengidolakan oarang-orang yang berasal dari luar negeri, sebaiknya kita melihat dulu pahlawan-pahlawan yang berasal dari indonesia dan mencoba meneladani apa yang ia perbuat dulu, agar kita tidak melupakan sejarah dan pahlawan dari bangsa sendiri

    BalasHapus
  19. Nama: Sheila Pratiwi
    Kelas: XI IPA 2
    No. : 37

    saya sangat mengidolakan ayah dan ibu saya, karena merekalah yang sudah membimbing, mendidik dan merawat saya sampai sekarang ini. saya tidak pernah bisa membayangkan jika harus hidup tanpa mereka. untungnya sampai sekarang saya masih memiliki orangtua. Untuk para teman yang mungkin membaca postingan ini, cintailah orangtua kalian sebelum mungkin mereka akan pergi dan tak akan kembali lagi...

    BalasHapus
  20. Nama: Dwitika Diah Pangestuti
    Kelas: XI IPA 2
    Tokoh Idola: Ir. Soekarno

    Saya memilih Ir. Soekarno sebagai idola sejarah yang paling saya kagumi. Alasannya adalah karena beliau adalah seorang presiden RI yang pertama bersama Moh. Hatta. Tidak mudah bagi beliau untuk sampai bisa memproklamasikan kemerdekaan RI. Semua itu butuh proses yang sangat panjang . dengan sifat beliau yang sangat bijaksana, baik, ulet, tekun, sabar, dan ikhlas , akhirnya dia pun dapat memproklamasikan kemerdekaan RI dan dari situlah Indonesia merdeka pada tanggal 17 agustus 1945. beliau mempunyai kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang, contohnya beliau dapat menguasai 10 bahasa sekaligus. beliau salah satu orang yang paling berpengaruh bagi negara 1RI ini. bagi saya Ir. soekarno adalah sejarawan yang sangat menginspirasi saya untuk terus maju menggapai cita cita dan cinta tanah air.

    BalasHapus
  21. Nama : Astri Diah Larasati
    Kelas : X -F
    Tokoh Idola : Ir.Soekarno

    Tokoh idola yang paling saya kagumi adalah Ir.Soekarno, karena beliau adalah orang yang paling berpengaruh bagi bangsa Indonesia. Termasuk pada saat mempersiapkan kemerdekaan negara Indonesia, beliau juga banyak menuangkan ide dan pikirannya dalam merumuskan teks proklamasi kemerdekaan, UUD 1945, Pancasila, dan hukum-hukum dasar.
    Presiden Soekarno juga banyak memberikan gagasan-gagasan di dunia Internasional. Keprihatinannya terhadap nasib bangsa Asia-Afrika, masih belum merdeka, belum mempunyai hak untuk menentukan nasibnya sendiri, menyebabkan presiden Soekarno pada tahun 1955, mengambil inisiatif untuk mengadakan Konferensi Asia-Afrika di Bandung yang menghasilkan Dasa Sila. Berkat jasanya itu, banyak negara-negara Asia Afrika yang memperoleh kemerdekaannya. Berkat jasa ini pula, banyak penduduk dari kawasan Asia Afrika yang tidak lupa akan Soekarno bila ingat atau mengenal akan Indonesia. Bahkan saking terkenalnya, beliau sempat menjadi cover majalah TIMES tahun 1946.

    BalasHapus
  22. nama : selvy arcynie fitry
    kelas xi ipa 6
    tokoh idola : R.A Kartini

    tokoh idola saya adalah Raden Ajeng Kartini karena perjuangan beliau yamg samgat besar. beliau adalah salahj satu pahlawan yang patut saya hormati dan saya teladani karena cita citanya, tekatdnya dan perbuatannya. Ide-ide besarnya telah mampu menggerakkan dan mengilhami perjuangan kaumnya dari kebodohan yang tidak disadari pada masa lalu. Dengan keberanian dan pengorbanan yang tulus, beliau mampu menggugah kaumnya dari belenggu diskriminasi. perjuangan bangsa ini ini memang belum berakhir, karena saya sedih di era globalisasi ini masih banyak dirasakan penindasan dan perlakuan tidak adil terhadap perempuan. tapi dengan begitu saya tetap bangga sekali terhadap Radn Ajeng Kartini.

    BalasHapus
  23. Nama : Pusparani Ratna Dwisara
    Kelas : XI IPA 2

    Menurut saya tugas dari ibu Sulis yang menyuruh murid-muridnya untuk menuliskan tokoh idolanya adalah salah satu tugas yang kreatif. Mungkin bagi sebagian muridnya tugas ini dirasa tidak terlalu penting namun sebenarnya dibalik tugas tersebut tersimpan makna bahwa setiap orang memiliki idola dan alasan dari setiap muridnya mengidolakan orang tersebut dapat menjadikan sebuah inspirasi yang di kemudian hari dapat menjadikan murid tersebut berkembang lebih baik dengan mencontoh idolanya tersebut.

    BalasHapus
  24. Nama : Syifa Fauziyah
    Kelas: XI IPA 2
    Menurut saya memiliki tokoh idola itu sangat diperlukan sebagai motivasi diri kita untuk lebih maju dan berubah ke arah yang lebih positif.Seperti dalam membentuk karakter pendidikan saya mengidolakan tokoh Prof.Dr.Bj Habibie karena beliau termasuk salah satu orang yang jenius di indonesia.hal tersebut dibuktikan dengan disebutnya beliau sebagai kaum intelektual islam yang tengah mengalami kebangkitan dan ia memprakarsai cendikiawan muslim indonesia.selain itu pula beliau menjadi master teknologi yaitu dalam teknologi pesawat. maka dari itu banyak sekali sisi positif yang bisa diambil.terutama untuk memotivasi dalam pendidikan

    BalasHapus
  25. tokoh idola tidak mesti dalam bidang pendidikan saja, kita bisa mengidolai atlet, presiden, atau tukang beca sekalipun. jangan pernah melihat atau mengidolai seseorang dari derajat dan fisik. tokoh idola itu harus bisa jadi inspirator bagi diri kita sendiri, bukan karena dia tampan, cantik, ataupun kaya, melainkan kegigihan dia dalam berjuang dan mencapai apa yang dia inginkan.

    BalasHapus
  26. NAMA:SITI ROHANI
    KELAS:XI IPA1

    Tiap-tiap orang memiliki tokoh idola yang berbeda-beda, tokoh idola membuat motivator untuk diri kita agar seperti demikian.
    Tapi tokoh idola bagi kita semua adalah Rasulullah Muhammad SAW, Perkataan,Perbuatan,ketetapannya yang menjadi as-sunah / sumber hukum islam ke-2.Maka dari itu Rasulullah SAW adalah sebagai "Ushwatun Hasanah "yang artinya suri tauladan yang baik.
    Bisa jadi tokoh idola yang teman-teman idolakan mengidolakan beliau.
    Apakah teman-teman mengidolakan Rasul Muhammad SAW?

    BalasHapus
  27. nama: iftinan S. Yorah
    kelas: X-B
    setiap orang di dunia ini pasti memiliki idola, setiap orang memiliki idolanya masing-masing, antara org yg satu dgn yg lainnya pasti memiliki idola yg berbeda.. mengapa demikian? karena setiap orang pastilah memiliki tujuan hidupnya masing-masing, mereka pun pasti memiliki idola yg ada kaitannya dgn tujuan hidup mereka.. karena dengan sosok idola lah seseorang mampu termotivasi untuk menggapai tujuan hidupnya...

    BalasHapus
  28. Thomas Alva Edison adalah penemu dari Amerika dan merupakan satu dari penemu terbesar sepanjang sejarah. Edison mulai bekerja pada usia yang sangat muda dan terus bekerja hingga akhir hayatnya. Selama karirnya, Thomas Alva Edison telah mempatentkan sekitar 1.093 hasil penemuannya, termasuk bola lampu listrik dan gramaphone, juga kamera film. Ketiga penemuannya membangkitkan industri-industri besar bagi industri listrik, rekaman dan film yang akhirnya mempengaruhi kehidupan masyarakat di seluruh dunia. Dia juga dikenal sebagai penemu yang menerapkan prinsip 'produksi massal' bagi penemuan-penemuannya

    Saya mengidolakan Thomas alva Edison karena selama hidupnya berjasa kepada banyak orang, termasuk menemukan lampu. Meskipun semasa kecilnya beliau mengalami kehilangan seluruh pendengarannya, beliau tetap berjuang untuk mempertahankan hidup.Selain itu, walaupun beliau memiliki pendengaran yang kurang, beliau tetap melakukan eksperimen lainnya hingga ribuan bahkan tak terhitung yang manfaatnya terasa bagi kita kini. Prinsip pantang menyerah ini yang saya akan terapkan dari sekarang.

    BalasHapus
  29. Nama :Nurul Fauziah
    kelas :XI Ipa 2

    setiap orang mempunyai kebebasan untuk mengidolakan siapa pun.Tetapi jangan lah mengidolakan hingga memuja mujanya terlalu berlebihan atau secara fanatik,itu bisa membuat kita kehilangan jati diri kita sendiri karna semua yang ada di diri kita cenderung meniru si idola termasuk sisi negatifnya, ambilah sisi positifnya dan teladani dalam kehidupan sehari hari.

    BalasHapus
  30. Nama: Delliana Islami
    kelas: XI IPA 6

    Antonio Stradivari merupakan seorang pembuat alat musik Biola terbaik. Biola ciptaannya sangat terkenal dan diminati oleh banyak orang. Beliau lahir pada tahun 1644 dan meninggal pada usianya ke 93 pada tahun 1737. Selama masa hidupnya, Antonio Stradivari telah menghasilkan banyak biola dan juga instrumental lagu. Biola yang dibuat olehnya diberi label Stradivarius. Sampai saat ini, biola Stradivarius asli yang dibuat oleh Antonio Stradivari, masih ada sekitar 450 sampai 512 buah. Biola tersebut sangat dicari, dan biasanya bisa didapatkan di pelelangan. Harga Stradivarius yang bernama "Lady Blunt" telah laku di pelelangan pada tanggal 21 Juni lalu dengan harga 15 juta dollar, atau sekitar 150 miliar rupiah.
    Saya mengidolakan Antonio Stradivari adalah karena saya seorang pemain biola, yang ingin mencoba memainkan biola Stradivari yang asli dibuat oleh Antonio Stradivari sendiri. Karena harga biola yang sudah berabad-abad itu harganya mungkin tidak tercapai oleh saya,sekedar mencobanya saja saya pasti sudah senang. Saya ingin merasakan menghasilkan suara yang sangat indah dari Stradivarius, biola terbaik di dunia.

    BalasHapus
  31. Nama : Yuni Fenanda Utami
    Kelas : XI IPA 4

    Tokoh idola merupakan orang yang menginspirasi dan memotivator diri kita. setiap orang memiliki motivator yang berbeda beda baik itu di bidang pendidikan, agama, poitik maupun di bidang yang lainnya. Idola saya adalah orang tua saya sendiri . Khususnya Ibu, Ibu adalah orang yang penuh kasih sayang. tiada hari tanpa kasih sayang. meskipun kasih sayang itu tidak diucapkan denga kata, tapi kasih sayang itu dapat dirasakan.
    Ayah, adalah pemimpin keluarga. saya sangat mengidolakan ayah saya sendiri karena dia tidak pernah mengatakan kata meyerah, maupun kata lelah. meskipun setiap hari dia membanting tulang demi keluarganya.
    Orang tua tidak akan mungkin ingin menjerumuskan anaknya. Mereka selalu ingin membuat anaknya bahagia dan ingin melihat anaknya lebih sukses dari dirinya

    BalasHapus
  32. Nama:Felicia Anthony
    Kelas:XI IPA 2
    Tokoh Idola:Justin Bieber

    Justin Bieber adalah tokoh idola saya,dia membuat saya kagum berkat bakat-bakat yang dia miliki,serta berkat kemampuannnya Justin bisa meraih prestasi yang sangat gemilang,apalagi di lihat dari usianya yang tergolong muda.
    sejak kecil Justin sudah melatih bakatnya di bidang musik,semenjak orang tuanya bercerai,Justin Bieber tidak menjadi anak yang "berandalan" tetapi tetap memotivasi ibunya yang bekerja sendiri karena sudah tidak ada lagi kepala keluarga,semenjak itu rasa sayang Justin Bieber kepada ibunya sangatlah luar biasa,Justin Bieber ingin sekali mmembanggakan ibunya..

    Justin Bieber tinggal di Kanada,sebuah kota yang bisa dibilang cukup terpencil,Justin Bieber adalah anak desa biasa yang merindukan sosok keluarga,tetapi dia tetap tegar dan menguatkan ibunya,Justin bisa terkenal berkat pencari bakat yang melihat aksi Justin Bieber di YOUTUBE.

    Ibu Justin Bieber selalu mengunggah aksi anaknya tersebut,karena bangga akan aksi anaknya yang pintar bermain berbagai macam alat musik.
    video Justin Bieber saat itu mengamen di jalanan karena tidak memiliki ongkos pulang,seusai bermain dengan teman-temannya pun diunggah ibunya ke YOUTUBE.tetapi berkat ke isengan sang ibu Justin Bieber yang terkenal di seluruh dunia ini bisa membahagiakan orang tuanya,terlebih ibunya..lewat kerja keras,kesabaran dan motivasi dari ibunya,berkat keahliannya yang dia latih..dia bisa menjadi orang yang sukses..


    Kita pun bisa menjadi sosok "Justin Bieber" apabila kita memiliki kemampuan,latihlah dan kembangkan..karena suatu saat kita pasti akan membutuhkan keahlian atau talenta yang Tuhan beri..jadi jangan berhenti untuk meraih mimpi dan cita-cita kita..jika kita mau dengan berusaha dan berdoa kita pasti bisa menjadi apa yang kita cita-citakan..Amin.

    BalasHapus
  33. Nama : Nidyanthy Adillia P.
    Kelas : XI IPA 1 Angkatan 2015
    Absen : 30
    Tokoh Idola : Ir. Ciputra

    Ciputra adalah seorang pebisnis real estate yang sangat sukses bahkan ia adalah 'kepala dibidangnya' saya sangat mengidolakannya karena kegigihan ia berusaha semenjar umurnya masih sangat muda sehingga menjadi sukses seperti sekarang, selain karena kesuksesannya menjadi pengusaha sukses real-estate, ia juga sebagai tokoh yang dapat memotivasi saya agar saya ikut terpacu untuk mencapai cita-cita saya yang ingin menjadi pengusaha real-estate seperti beliau. :-)

    BalasHapus