Pemesanan Novel Dharitri


 
Judul Buku: Dharitri
Pengarang: Nellaneva
Reviewer: Thiya Rahmah

Review:
Dharitri. Pertama kali mendengar judulnya, saya langsung terpikirkan sesuatu yang cantik, eksotik, dan manis namun penuh intrik.
Novel ini mengisahkan Aran dan Shreyas. Sesama penyusup dari Persatuan Unit, yang terdampar di sebuah pulau dengan tujuan berbeda—namun sama-sama melarikan diri dari kenyataan. Gagal dalam hidup di negeri asal, keduanya mencari arti dan makna kehidupan lain di tempat antah berantah yang sebelumnya tak pernah terbesit di benak masing-masing: Dharitri.
Awalnya, saya diajak menelusuri kehidupan suram Ranala Kalindra yang penuh tekanan dan kekelaman. Gagal tiga kali dalam ujian Dinas Persatuan Unit, mampu membuatnya gamang dan pergi untuk menghilangkan diri selamanya di satu jembatan yang terbentang di atas sungai beracun. Sayangnya, cara ia menghilang tak seperti yang pernah dipikirkannya sebelumnya. Ranala jatuh dan hanyut selama beberapa hari. Tahu-tahu ia terdampar di satu sungai yang letaknya jauh di pedalaman pulau Kalimantan (entah kenapa, nyebut Borneo malah berasa aneh di lidah saya). Pulau yang letaknya sangat jauh dari wilayah asalnya.
Dan di sinilah misteri dimulai.
Apa yang saya sukai dari tulisan ini adalah penulis yang berani mengambil latar Indonesia (pulau Kalimantan), saat tulisan Fantasy-Science Fiction lainnya justru kebanyakan mengambil latar negeri luar atau dunia buatan sendiri. Ini suatu nilai plus untuk mengangakat kearifan lokal. Juga nama daerah dan penghuni Dharitri yang unik bin ciamik: Sambas, Mandala, Cakra Gemintang (fak! Ini nama sederhana, tapi begitu membekas dalam sanubari), Nuoi, Ranala, dan lain-lain.
Saya rasa, selera penamaan penulis di sini patut diapresiasi. Juga keberhasilan penulis dalam memenuhi kebutuhan saya akan tulisan fantasi apik karya penulis lokal. Jujur saja, selama pengembaraan saya memburu buku-buku fantasi lokal, hanya segelintir yang sekiranya memang bagus (dalam penilaian saya) dan layak diberi empat jempol.
Buku Nellaneva adalah satu-satunya buku fantasi lokal yang benar-benar memuaskan saya dalam berbagai segi, sejauh ini.
Kembali ke Dharitri. Kelebihan lain dari buku ini adalah, suasana selepas perang dunianya terasa asyik. Tentang Persatuan Unit dan sistem pemerintahan yang ketat, dan Dharitri dengan segala kebebasan dan gejolak sejarah masa lalunya.
Kesimpulannya, Dharitri adalah novel epik yang kaya akan perpaduan berbagai latar, dengan konflik yang menarik, penamaan tokoh yang keren, karakterisasi baik, dan awalan yang memikat.
Penasaran dengan novelnya? Silakan kunjungi https://iccpublisher.com/projects/dharitri/ untuk mengintip lebih banyak tentang Dharitri hehehe. Terima kasih

Komentar

  1. artikel ini sangat bermanfaat untuk mengingat sejarah dan untuk menambah wawasan tentang sejarah, MANTAP👌

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tokoh Idola Untuk Pendidikan Karakter

Belanda Minta Maaf, tetapi ...

Rumah Proklamasi Akan Dijual Pemiliknya