Belajar Sejarah dengan Metode Mind Map

Dalam kurikulum sejarah terdapat 8 kompetensi umum yang harus dimiliki peserta didik, diantaranya peserta didik mampu menarik informasi dan berpikir kritis-analitis. Maka, untuk mewujudkan kompetensi tsb. diterapkan konstruktivisme. Menurut aliran ini, proses pembelajaran harus berpusat kepada peserta didik (belajar aktif).

Proses pemahaman materi pada mata pelajaran sejarah menyangkut banyak aspek dan saling berkaitan antar konsep. Keterkaitan antar tema menjadi persyaratan utama dalam memahami keutuhan konsep sejarah. Satu konsep akan sulit dikaji secara utuh jika tidak dikaitkan dengan konsep lainnya. Oleh karena itu dalam mempelajari sejarah dituntut kemampuan berpikir logis. Dengan metode mind map diharapkan pemahaman dan logika peserta didik dapat berimbas kepada peningkatan daya serap dalam memahami konsep sejarah.

Berikut sampel hasil karya peserta didik dalam mengembangkan konsep materi Pergerakan Nasional.

Karya Alya, Adella, Isma, Syifa, Yoshua (XI IPA1)


Karya Avira, Dara, Intan, Sulistyo (XI IPA 2)


Karya Alfi, Amelia, Hadiati, Noviyanti, Sarah (XI IPA 3)

Karya Dea, Hasna, Nandika, Nurrahma (XI IPA4)

Karya Aldiani, Yulia, Niar (XI IPA5)

Karya Dyah, Inggrid, Ratu, Rinda (XI IPA5)


Kegiatan Peserta Didik Membuat Mind Map

Komentar

  1. Menurut saya belajar menggunakan mind map sangat efektif bagi peserta didik. Materi dijelaskan melalui poin poin singkat yang ditulis dengan gambar dan warna-warna yang menarik. Hal tsb dapat mempermudah siswa untuk belajar dan menghafal. Terlebih lagi dengan menggunakan mind map siswa dapat menyingkat waktu yang digunakan untuk belajar. Alia Rizka XI IPA 5/5

    BalasHapus
  2. Media mind map sebagai cara dalam menyampaikan materi dalam KBM memang sudah tidak asing lagi, dengan cara tersebut siswa tidak hanya menggunakan otak kiri dalam belajar, namun dapat menggukakan otak kanan dengan baik. Dengan demikian siswa dapat meresap lebih maksimal materi yang disampaikan karena kegiatan KBM berjalan dengan menyenangkan.
    Kukuh Setio Prilaksito // XI IPA 4

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tokoh Idola Untuk Pendidikan Karakter

Belanda Minta Maaf, tetapi ...

Rumah Proklamasi Akan Dijual Pemiliknya