Menengok Kepemimpinan Sjafruddin Prawiranegara

YOGYAKARTA, (PR).-

Sri Sultan Hamengku Buwono X mengkritik gaya pemimpin nasional yang cenderung tidak melayani rakyat, mengutamakan fasilitas, pencitraan, dan takut mengambil keputusan yang sulit.

Berbicara atas nama Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan menyatakan tidak ada salahnya menengok gaya kepemimpin para bapak bangsa seperti Sjafruddin Prawiranegara (Ketua Pemerintahan Darurat Indonesia di Sumatera Barat-red.). Dia selalu mengedepankan jujur dan prinsip memimpinnya adalah menderita serta melayani rakyat.

“Memimpin adalah menderita karena pemimpin tidak boleh mengambil satu sen pun uang negara, Itu dicontohkan Sjafruddin,” kata Sri Sultan, Selasa (24/5).

Berbicara di Universitas Islam Indonesia (UII), Gubernur DI Yogyakarta itu menegaskan prinsip kepemimpin tersebut tidak ada lagi. Sekarang, pemimpin telah lebih dari tercukupi gaji dan fasilitas negara.

Sebagai pembicara kunci dalam seminar “Sjafruddin Prawiranegara, Pemimpin Bangsa Dalam Kemelut Sejarah”, Sri Sultan menyatakan, pemimpin tidak selayaknya mengutamakan kontes popularitas atau pencitraan.

Sri Sultan juga menyinggung relasi elite dan tokoh yang hangat pada masa lalu tidak ada lagi saat ini.

Rektor UII Edy Suandi Hamid mengatakan, jasa besar Sjafruddin di antaranya menggagas Oeang Republik Indonesia (ORI), menggantikan uang Jepang. ORI adalah cikal uang rupiah. “Ini gagasan visioner dari seorang pejabat Menteri Keuangan Sjafruddin Perwiranegara,” tuturnya.

Mantan Ketua PP Muhammadiyah A. Syafii Maarif menyatakan, Sjafruddin sebagai tokoh bangsa dan pejabat yang dapat dijadikan sumber utama keteladanan. “Kita berutang budi kepadanya,” katanya. (A-84)***

Sumber: Pikiran Rakyat, Rabu, 25 Mei 2011

Komentar

  1. Mengapa ya dahulu banyak sekali pemimpin yang kebijakannya bikin orang tercengang? tegas, berani ambil resiko, punya banyak inovasi.. Mungkin sikap seperti itu didasari dari diri sendiri dan harus dilatih, saya berharap pemerintah banyak melatih sikap yang akan membuat orang orang tercengang saat mereka mendengar hal apa saja yang pernah beliau lakukan untuk negaranya

    Immay XI IPA 4

    BalasHapus
  2. Memimpin adalah menderita karena pemimpin tidak boleh mengambil satu sen pun uang negara, Itu dicontohkan Sjafruddin,” kata Sri Sultan,
    susah mencari pemimpin yang begini.
    radyan XI-IPA-4

    BalasHapus
  3. dulu dan sekarang beda
    sekarang banyak koruptor.
    agistian XI-IPA-4

    BalasHapus
  4. assalamualaikum wr wb

    menurut saya : tokoh Sjafruddin Prawiranegara ini sangat bagus jika di contohkan pada mentri-mentri yang sekarang. tidak hanya ingin populer saja tapi benar-benar mengerjakan tugasnya sebagaimana mentri yang adil ,tegas, berani ambil resiko, punya banyak inovasi.. kita butuh mentri yang sifatnya seperti yang sudah saya sebutkan tadi.

    Niky Suryadi
    XI IPA 2

    BalasHapus
  5. menurut saya : karakter seperti Sjafruddin Prawiranegara ini harus ditanamkan pada para pemuda-pemuda di indonesia agar pemuda-pemuda di indonesia memiliki karakter yang baik yang dapat membangun negara indonesia kembali dengan benar

    Satrio Anggoro
    XI IPA 1

    BalasHapus
  6. Pemerintah sekarang ini seharusnya mencontohkan Sjafruddin Prawiranegara yang jujur dan prinsip memimpinnya adalah menderita serta melayani rakyat. Karena pemerintah sekarang umumnya bertindak lambat dan tidak tegas dalam menghadapi permasalahan dinegara ini.

    Sulianti indah sari
    XI-IPA 3

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tokoh Idola Untuk Pendidikan Karakter

Belanda Minta Maaf, tetapi ...

Rumah Proklamasi Akan Dijual Pemiliknya